Ide Daur Ulang Terbaik Agar Lebih Produktif

Jika di lingkungan kamu ada banyak sampah, maka lebih baik dimanfaatkan. Biasanya sampah dari rumah tangga ada banyak dan dibuang langsung. Dari pada membuang begitu saja serta menambah beban juga terhadap kerusakan lingkungan, lebih baik dimanfaatkan. Kamu bisa coba mendaur ulang berbagai barang bekas secara sederhana.

Beberapa Ide Yang Bisa Diterapkan Saat Mendaur Ulang Barang

Kita tak perlu untuk mengubah sampah tersebut menjadi produk yang benar-benar baru dengan rumit atau memakan banyak waktu. Di bawah ini ada beberapa ide untuk daur ulang tersebut yang sederhana dan bisa membuat kamu lebih produktif.

  1. Kardus Bekas Dibuat Menjadi Rak Susun

Kalau kamu mempunyai banyak kardus kokoh dan cukup tebal, maka kamu bisa mencoba menyusun kardus tersebut menjadi rak. Rak ini sendiri bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang. Supaya bisa lebih kelihatan menarik, maka bisa lapisi terlebih dulu luar kardus memakai kertas yang berwarna-warni. Kalau kamu memang tak membutuhkan rak tersebut, maka bisa coba dijual lewat toko online.

Selain rak, kardus bekas bisa juga didaur ulang menjadi mainan anak. Sekarang ini sudah cukup banyak mereka yang berbagi metode menggunakan kardus tersebut sebagai bahan mainan anak. Kardus bekas bisa dijadikan mobil-mobilan, mainan alat dapur, dan sebagainya. Kamu dapat temukan berbagai ide dan juga cara membuatnya memakai menggunakan hashtag tertentu lewat Twitter, Facebook atau pun Instagram. Sehingga akan menginspirasi kita nantinya dalam mendaur ulang kardus bekas tersebut.

  1. Kaleng Bekas Yang Dijadikan Wadah Bumbu Dan Celengan

Jika ada dari kamu yang sering kali membeli berbagai bahan makanan dengan wadah kaleng, maka bisa didaur ulang kemasan kalengnya tersebut. Daur ulang berbagai barang bekas termasuk kaleng akan butuh ketelitian karena beberapa bagian kaleng akan dipotong dengan cukup tajam. Sehingga bisa berbahaya, maka dari itu pastikan hindari anak-anak di dekat kamu saat mendaur ulang. Kaleng bekas tersebut bisa dijadikan sebagai celengan atau pun wadah bumbu.

Kalau ingin menjadikan kaleng bekas tersebut celengan, maka kamu tinggal cukup membuat tutupnya memakai kain bekas atau pun kardus bekas. Lalu kamu bisa mengikatnya dengan memakai pita warna-warni. Pada bagian luarnya kaleng juga dapat dicat supaya celengan terlihat menarik. Sementara kaleng bekas yang dipakai untuk bumbu masak, maka bolongi kecil-kecil bagian kaleng agar sirkulasi di dalamnya kaleng lancar. Bumbu juga tidak akan cepat rusak dikarenakan bisa terhindar dari lembab.

  1. Baju Bekas Dijadikan Sarung Guling Atau Bantal

Biasanya baju yang sudah tidak terpakai lagi, disalurkan ke mereka yang sedang membutuhkan. Bisa juga digunakan untuk lap dapur bagi beberapa orang. Selain itu, baju bekas juga bisa didaur ulang. Kamu bisa coba mengubah baju atau pun kain yang sudah tidak digunakan untuk membuat sarung bantal.

Cara untuk melakukannya cukup mudah, guntinglah bagian kain baju yang dirasa masih bagus dan seluas bantal. Jahitlah tiga sisinya memakai tangan atau pun mesin jahit. Lalu setelahnya masukkan isi bantal dan lalu jahit bagian tertentu yang memang masih terbuka. Jika sudah, maka jadilah bantal dengan bahan baju bekas.

  1. Ban Bekas Dijadikan Pot

Kalau ban bekas kendaraanmu ditinggalkan di bengkel begitu saja, sekarang sudah saatnya untuk kamu bawa pulang. Kamu bisa kreasikan ban bekas tersebut menjadi barang yang lebih bermanfaat dan bisa dijual juga. Daur ulang ban bekas bisa membuat rumah kelihatan lebih segar. Karena kamu bisa mengecat ban memakai warna favorit, lalu ikat salah satu sisi dan gantungkan di dinding.

Kalau sudah, maka kamu cukup mengisi ban tersebut dengan tanah, dilanjut dengan menanam tanaman atau bunga. Jangan lupa menyiramnya teratur supaya tanaman bisa tumbuh sehat. Banyak tentu orang-orang yang membutuhkan pot sederhana dan menarik seperti itu.

  1. Botol Bekas Dijadikan Pot Bunga Juga Atau Tempat Untuk Alat Kantor

Ada lagi ide untuk daur ulang produktif lain yaitu botol plastik. Jika bekas botol minuman kemasan kamu dibuang, maka bisa disimpan dan dikreasikan menjadi pot bunga. Jadi bukan hanya ban bekas saja, tetapi botol bekas juga bisa digunakan. Selain pot bunga, bisa juga botol bekas dijadikan tempat berbagai alat kantor. Untuk membuat pot bunga, maka kamu cukup memotong bagian perutnya botol tersebut atau bisa juga bagian atas botolnya. Pot bunga botol plastik nantinya bisa kalian gantung atau bisa diletakkan di area lain.

Kalau kamu hendak membuat tempat untuk alat tulis memakai botol plastik, caranya mudah. Kamu hanya cukup memotong botol pada bagian tengah, hias dengan pita, cat atau sebagainya. Agar dapat menampung lebih banyak, kamu dapat membuat kreasi beberapa botol secara sekaligus. Beberapa botol tersebut bisa ditempelkan dengan memakai lem serbaguna. Demikian info dari https://anakdosen.com, semoga bermanfaat.

Share Button