Tips Supaya Lebih Berani Berbicara Depan Publik

Sering kali berbicara depan umum merupakan perkara yang susah terkecuali dilakukan mereka yang sudah profesional. Agar bisa berbicara lancar di depan banyak orang perlu teknik tertentu. Berbicara depan umum termasuk kategori keterampilan juga. Bagi Anda yang belum biasa berbicara seperti itu, pastinya merasa malu atau tidak merasa percaya diri. Dengan kemampuan berbicara berani depan umum, bisa membantu kita menyampaikan setiap informasi atau gagasan.

Beberapa Tips Untuk Berani Public Speaking

Pada kenyataannya tak semua orang bisa berbicara secara baik dan efektif di depan banyak orang. Kadang rasa takut lebih tinggi dari pada percaya diri. Tetapi Anda tenang saja karena semuanya bisa dipelajari dan dipraktikkan. Berikut ini akan dibahas beberapa tips populer untuk atasi rasa takut tersebut.

  1. Mulai berbicara dengan hal yang mudah dan simple

Pada kesempatan tertentu misal saat forum rapat, maka Anda bisa coba memanfaatkan momen tersebut untuk mengasah rasa berani untuk berbicara. Simaklah isi dari acara rapat, dan lalu ajukan beberapa hal-hal yang masih belum dimengerti. Janganlah malu mengajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan. Buanglah jauh-jauh perasaan kalau Anda bodoh dikarenakan bertanya. Perasaan dan pandangan orang lain tentu tidak penting selama Anda melakukan hal yang benar.

Hal yang paling penting yaitu Anda bisa tahu lebih jauh seputar materi rapat dan juga makin berani untuk berbicara depan banyak orang. Kalau kebiasaan seperti ini terus Anda lakukan dalam berbagai kesempatan-kesempatan lain, Anda pasti menjadi terbiasa untuk berbicara depan umum.

Anda juga mulai menyadari kalau bicara depan umum ternyata hal yang tidak terlalu susah dan tak menakutkan juga seperti yang sebelumnya dibayangkan. Selain hanya mengajukan pertanyaan saja, Anda pun dapat mengungkapkan ide tertentu atau gagasan yang Anda sudah pikirkan. Dengan terbiasa kita berpendapat dan juga bertanya, bisa menjadi akses untuk semakin bisa berani bicara.

  1. Jadi Diri Sendiri

Saat ada suatu kesempatan berbicara depan orang-orang, jangan coba-coba juga meniru gaya atau sikap berbicara orang lain. Lebih baik agar lebih percaya diri, Anda perlu menjadi diri Anda sendiri saja agar tak akan menjadi beban. Jika Anda memang meniru gaya seseorang, akan menyusahkan dan bahkan susah untuk lancar berbicara. Bahkan bisa juga berpengaruh buruk kepada penonton. Maka dari itu, bangunlah gaya bicara Anda sendiri yang unik.

  1. Mengelola setiap keperluan presentasi

Saat Anda ditunjuk memberikan informasi ke khalayak umum, maka hal yang perlu dipersiapkan adalah organisir setiap keperluan presentasinya. Jika hal tersebut tak dilakukan dengan tepat, maka akan muncul rasa gugup ketika mulai berbicara. Oleh karena itu, belajarlah untuk mempersiapkan setiap keperluan prestasi. Misalnya saja mulai itu dari bahan materi, alat peraga, audio, dan berbagi persiapan lain. Hal tersebut tak hanya berlaku untuk mereka yang profesional tetapi harus dilakukan oleh yang pemula.

  1. Usahakan lawan malu

Rasa malu itu sendiri diawali dari tidak yakin akan dirinya sendiri. Rasa malu ini sendiri menjadi alasan bagi banyak orang yang tidak mau bicara depan umum. Untuk kita belajar berbicara depan umum, hal yang harus kita lakukan adalah dengan melawan malu tersebut. Ada salah satu tips untuk dapat melawan malu yaitu dengan menganggap setiap orang sama saja dengan Anda.

Janganlah merasa kita tidak yakin karena kurang bagus dari orang lain. Buang rasa pesimis kalau orang lain itu lebih baik dibandingkan Anda. Janganlah pedulikan jabatan, serta di mananya mereka bersekolah, atau pun berapa gajinya mereka. Lebih baik berbicaralah sesuai dengan konteks dan lalu sampaikan setiap hal-hal yang ingin Anda sampaikan. Lebih baik Terus tanamkan percaya diri kepada diri Anda, ingat juga bahwa penonton yang ada di depan sangat memerlukan info yang ingin Anda sampaikan.

Di samping itu mereka ingin melakukan aktivitas juga seperti yang kita lakukan. Sehingga tidak ada alasan keras Anda harus malu bicara di depan para penonton tersebut. Cara lain supaya bisa menghilangkan malu ketika berbicara yaitu menganggap audiens itu teman-teman Anda yang baik. Hal tersebut bisa membuat Anda merasa nyaman dan lebih santai bicara di hadapan mereka. Jika memang Anda salah dalam berbicara, tentu mereka pasti memakluminya. Setiap orang tentu tidak pernah lepas dari kesalahan.

  1. Cobalah membayangkan kesuksesan

Dengan membayangkan kesuksesan, maka bisa menjadi cara untuk tenang dan merasa rileks ketika bicara depan orang-orang. Artinya di dalam pikiran sudah dipengaruhi berbagai hal positif yang sudah siap diwujudkan. Kita bisa membayangkannya mulai dari bagaimana Anda membuka materi presentasi, menatap audiens, dan juga menutup presentasi dengan sempurna. Jika Anda menerapkan hal tersebut, maka bisa menjadi sebuah terapi untuk bisa membantu mengurangi rasa kecemasan ketika bicara depan banyak orang.

Share Button